Cara Atasi Baterai Boros di Ponsel Android

Kotabaweb, Jasa Pembuatan Website Balikpapan – Baterai ponsel yang terkuras cepat sering kali membuat kita sering berpikir untuk membeli ponsel baru. Dalam waktu 10 menit, tiba-tiba ponsel bisa terkuras 10 persen. Padahal ponsel sedang tidak digunakan dan hanya menerima notifikasi-notifikasi dari email atau aplikasi chat.

Terkurasnya baterai ponsel tersebut nyatanya bisa disebabkan oleh sejumlah aplikasi yang diam-diam dapat menguras daya baterai. Bisa juga disebabkan oleh Wifi Hotspot hingga Bluetooth yang lupa dimatikan.

CNNIndonesia.com merangkum beberapa tips untuk memperbaik masalah baterai yang cepat habis di Android.

1. Batasi Aplikasi Penguras Baterai di Latar Belakang

Ponsel Android sesungguhnya telah dibekali dengan kepintaran untuk mendeteksi aplikasi-aplikasi penguras baterai di latar belakang. Anda bisa akses tersebut di pengaturan, kemudian ke baterai > batasi. Dalam pengaturan ini, Android memberikan saran aplikasi-aplikasi penguras baterai.

2. Aplikasi Penguras Baterai

Selain di latar belakang, Anda juga bisa mengetahui aplikasi yang menguras baterai. Anda bisa mengecek ke pengaturan > baterai, kemudian anda bisa melihat daftar aplikasi beserta persentase penggunaan daya baterai yang digunakan.

Anda disarankan untuk mengaktifkan pembatasan akses latar belakang untuk beberapa aplikasi. Untuk semua aplikasi, sebaiknya aktifkan mode pengoptimalan baterai.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Cara ini merupakan langkah yang paling mudah dilakukan. Sebagai informasi, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin tersedot pula daya baterai.

Oleh karena itu, disarankan konsumen untuk mengurangi tingkat kecerahan layar agar ponsel bisa bertahan lebih lama. Ada baiknya agar pemudik tidak menggunakan kecerahan otomatis.

4. Tutup Seluruh Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Pengguna ponsel memang terbiasa tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan. Padahal aplikasi yang tidak digunakan tersebut juga tetap berjalan di sistem ponsel sehingga menguras baterai ponsel.

5. Matikan GPS,NFC, Wifi, & Bluetooth

Lebih baik sinyal-sinyal radio seperti GPS,NFC, Wifi, & Bluetooth lebih baik dimatikan apabila tidak digunakan.

6. Matikan Lampu Notifikasi dan Mute Notifikasi

Lampu notifikasi juga menguras daya baterai. Lampu lebih baik dimatikan karena tidak terlalu dibutuhkan. Notifikasi juga lebih baik dinonaktifkan agar lebih menghemat baterai.

Menonaktifkan notifikasi memang membuat Anda bisa melewatkan pesan penting. Namun tentu menghentikan bombardir notifikasi WhatsApp bisa meringankan konsumsi baterai.

sumber: cnnindonesia.com