Terapkan 7 Langkah Ini untuk Menghindari Overheat pada HP Kamu

Kotabaweb, Jasa pembuatan website Balikpapan – Pernahkah kamu bermain game selama berjam-jam, lalu hp menjadi panas? Atau kamu merasakannya panas ketika kamu memakainya untuk merekam video dalam waktu lama? Smartphone rentan mengalami overheat ketika dipakai secara terus-menerus atau terpapar panas dari matahari. Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa merusak hp kesayangan kita

Ada beberapa cara untuk menghindari overheat pada gadget kita. Simak dan praktikkan tip berikut ini!

1. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Cara sederhana untuk menghindari overheat adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Kadang, kita lupa menutup aplikasi sehingga aplikasi itu tetap berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang dibiarkan akan menghabiskan banyak daya. Akibatnya, baterai akan terkuras dan menyebabkan overheat. Hilangkan kebiasaan ini, ya!

2. Turn off hp ketika sudah panas

Kalau device-mu sudah terlanjur panas, kamu harus segera mematikannya. Cukup tekan tombol turn off dan biarkan device mendingin dengan sendirinya. Agar lebih cepat, buka casing supaya suhu bisa turun.

Selain itu, suhu smartphone bisa meningkat bisa diletakkan pada tempat yang sempit atau memiliki sirkulasi udara yang buruk, misalnya di kantong celana jeans yang ketat atau tidak sengaja tertindih bantal.

3. Jangan meninggalkan hp di mobil

Apakah kamu punya kebiasaan meninggalkan hp di mobil? Rupanya, selain rentan dicuri, meninggalkan gadget di mobil berisiko terpapar panas matahari. Sinar matahari yang masuk melalui jendela akan membuat suhu panas terperangkap di dalam mobil.

Bagian dalam mobil yang tertutup akan menjadi sangat panas karena tidak ada sirkulasi udara, ungkap laman Tata CLiQ. Dashboard adalah bagian yang paling panas, jangan letakkan smartphone-mu di sana, ya!

4. Redupkan brightness layar dan jangan terlalu terang

Salah satu pemicu overheat adalah level brightness yang disetel maksimal. Layar yang diatur terlalu terang akan mengonsumsi baterai lebih banyak. Pada saat yang bersamaan, konsumsi daya berlebih akan membuat hp bekerja lebih keras.

Di sisi lain, layar yang terlalu cerah bisa membuat mata menjadi sakit dan kepala pening. Solusinya, pasang anti glare screen di layar hp supaya kamu bisa melihat layar dengan baik walau di luar ruangan, ungkap laman Asurion.

5. Jangan mengisi daya di bawah sinar matahari

Di beberapa tempat, seperti kafe atau resto menyediakan stopkontak untuk mengisi daya pada gadget kita. Namun, perhatikan lokasinya baik-baik. Jangan mengisi daya smartphone di bawah sinar matahari langsung, ya!

Mengisi daya akan membuat device kita menjadi panas. Akan semakin panas jika sinar matahari terkena hp secara langsung. Suhu akan meningkat dengan cepat dan menyebabkan kerusakan pada bagian dalam smartphone. Jangan sampai terjadi, ya!

6. Bisa didinginkan dengan kipas angin

Kalau hp sudah terlanjur panas, apa yang harus kita lakukan? Pertama, kamu bisa mematikan device terlebih dahulu. Lalu, lepas casing bagian belakang agar suhu panas lepas ke udara.

Setelahnya, kamu bisa mendinginkannya dengan menaruhnya di depan kipas angin. Namun, jangan coba-coba untuk meletakkannya di dalam kulkas atau bahkan freezer, ya! Perubahan suhu yang ekstrem akan membuat gadget jadi rusak, ucap laman Asurion.

7. Jangan menelepon terlalu lama

Pernahkah kamu menelepon hingga berjam-jam dan membuat telinga panas? Terlalu lama menelepon bisa membuat suhu device meningkat. Selain itu, menelepon dengan video call juga bisa menyebabkan peningkatan suhu smartphone.

Pastikan agar kamu tidak terlalu lama menelepon agar tidak terjadi overheat. Kamu juga bisa menjeda waktu telepon apabila suhu hp sudah terlalu panas dan tidak aman lagi untuk digunakan. Selain itu, pemakaian kamera juga bisa memicu perubahan suhu.

Nah, itulah 7 cara untuk mencegah overheat pada smartphone kesayangan kita. Jangan lupa diterapkan, ya!

sumber: idntimes.com